Jumat, 04 Mei 2012

BENUA DAN SAMUDRA


BENUA DAN SAMUDRA

A.Pembagian Permukaan Bumi
               
                Permukaan buumi terdiri atas daratan dan perairan.Daratandibumi meliputi benua,sedangkan perairannya meliputi samudra,laut,selat dan perairand darat.
1.Benua
                        Benua adalah daratan yang sangat luassehingga ada bagian yang tidak dipengaruhi angin laut.Pulau adalah daratan yang sebagian besar wilayahnya di pengaruhi oleh agin laut.pulau benua adalah pulau yang dipisahkan oleh benua terdekat dengan laut dangkal.Pulau Oceania adalah pulau yang dikelilingi oleh laut dalam.Pulau karang adalah pulu yang sebagai atau selruhnya terdiri atas karang yang dibentuk oleh hewan koral (Karang).samudra adalah bagian perairan bumi yang sangat luas.Laut adalah kumpunanair asin dalam jumlah banyak yang menggenangi dan membagi daratan atas benua atau pulau-pulau.
                        Permukaan bumi terbagi atas belahan bumi utara dan belahan bumi selatan. Batas kedua belahan ini adalah khatuistiwa atau ekuator.
a.      Pembagian Benua
Beberapa bnua di Indanesia adalah Benua Asia,Benua Amerika,Benua Austalia,Benua Eropa,Benua Afrika dan Benua Antartika.
1.Asia
            Luas Benua Asia adalah 43.998.920 km.Batas wilayah bagian utara adalah sebelah utara berbatesan dengan Samudra Arktik
            Benua Asia dan eropa menjadi satu sehingga sering disebut dengan Eruasia(Eropa dan Asia).Benua Asia menjadi beberapa kawasan atau wilayah. Yaitu Asia barat,Asia Selatan,Asia Tenggara dan Asia timur.
2.Afrika
            Afrika merupakan satu-satunya benua yang diintasi oleh garis khatulistiwa,garis balik utsra dan garis balik selatan.Benua Afrika dibagi menjadi beberapa kawsan,yaitu: Afrika Utara,Afrika Tengah,Afrika Selatan, Afrika Barat dan Afrika Timur.
3. Eropa
            Benua Eropa adalah di sebelah utara dengan Samudra Artika,Sebelah Selatan dengan Laut Tengah,Laut Hitam dan Laut Kaspia.Disebelah timur dengan Benua Asia.Sebelah Barat dengan Samudra atlantik
            Benua Eropa membujur dari pegunugan Ural (berbatasan dengan Benua asia) kearah barat sejauh 5300 km sampai ke tanjung Sao Vicente di Portugal,dan Melintang dari Tanjung Utara (Norwegia) keselatan kira-kira 3.950 km sampai ke tanjung Akra di Tainaron Yunani.         Benua Eropa dibagi  menjadi wilayah-wilayah sbb.
a).Eropa Utara meliputi denmark,Norwegia,Eslandia,Finlandia,dan Swedia.
b).Eropa barat meliputi Inggris Raya,irlandia,francis,Belgia,belanda,Luksemburug,Jerman                    dan Swiss.
c).Eropa Selatan Meliputi malta,portugal,Spanyol,Italia,Yunani,Albania,Bulbaria,dan Negara-Negara pecahan dari Yugoslapia,seperti bosnia,kroasia,Solpenia,Serbia,dan Macedonia.
d).Eropa Timur meliputi Polandia,ceko,Slovakia,Austria,Rumania,hongalia,dan Rusia.
4.Amerika
            Benua Amerika adalah disebelah Artika.disebelah timur samudra Atlantik.Diselah selatan Samudra fasipik.Benua Amerika disebut dengan dunia baru.yaitu amerika Utara dan Amerika Selatan dengan Amerika Tengah sebagai penghubungnya.
            Negara-negara yang Berada di Benua Amerika yaitu
a).Amerika Utara Meliputi Amerika Serikat dan Kanada.
b).Amerika Tengah Melaputi Guattemala,El Salvader,Honduras,Nikaragua,Kostarika,Panama,dan Meksiko.
c).Amerika Selatan meliputi Colombia,Venezuela,Guyana,Suriname,Ekkuador,Peru,Brasil,Bolivia,Paraguay,Uragay,Argentina,dan Cile
5.Australia
            Benua Australia hanya terdiri atas 1 negara.Berdasarkan lingkungan fisiknya,Australia dibagi atas wilayah-wiayah sbb.
a.      Plato (daratan tinggi) barat.wilayah ini luasnya hampir ¾ ddari daratan australia.
b.      Daratan rendah bagian tengah yang memili sumur-sumur artesis.
c.       Dtaran tinggi bagian timur merupakan bagian tertinggi diautralia yang membentang di bagianselatan.
b.Daratan kutub utara dan kutub selatan
1.Kutub Utatara atau Daerah Arktik
            Arktik adalah wilayah kutub di belahan bumi Utara yang dibatasi oleh ringkaran arktik pada garis 66 ½ LU. Dataran Arktik trediri Atas bagian Utara Norwegia,Swedia,Finlandia, Rusia,Greenlandn, Bagian utara Alaska, kanada bagian Utara Serta ribuan pulau yang terdapat disebelah benua Eropa,Asia, dan Amerika.Daratan Kutub adalah Utara menunjukan adanya reliep berupa pegunungan dan gunung yang mencapai ketinggian lebih dari 3000m.Penduduk yang diam di kutub utara disebut orang Eskimo yang bermata pencaharian sebagai pemburuh dan penangkap ikan.mereka tidak dapat melakukan usaha pertanian kerena tidak  ada tumbuhan atau tanaman pertanian yang dapat tumbuh didaerah yang saangat dingin.Binatang yang banyak hidup di wilayah ini adalah rusa kutub dan anjing laut.
2.kutub Selatan Antar tika
            Antar tika atau kutub selatan merupakan daraatan dengan ribuan pulau disekitarnya.Kutub selatan dikelilingi oleh tiga samudra,yaitu Samudra Hindia,Samudra Atlantik dan Samudra Fasipik.Luas kutub selatan 14.254.050km.Batas antar tika adalah 66°LS atau disebut lingkaran antartika.Pegunungan yang ada merupakan satu rangkaian pormasi pegunungan tinggi,seperti pegunungan Porestal,Pegunungan Ellsworth,Pegunungan Queen Alexander, dan Pegunungan Ross. Denan banyak gletser (gunung ES)
C. Krakteristik Benua
1. Benua Asia
            Keaaan Benua Asi umumnya merupakan Benua terbesar diantara benua-benua yang ada di
A)     Keadaan Alam
Keadaan Benua Asia Umumnya terdiri atas pegunungan.Pegunungan utamanya adalah Pegunungan Himalaya dengan puncak tertingginya Gunung Eperest(8.848m).
            Relip daratan yang terendah di bunmi juga terdapat dibenua Asia,yakni di Danau Laut mati dengan peremukan danau 400m dibawah permukaan Laut.Dimuara sungai banyak terdapat delta.
            Benteng Alam yang ada di benua Asia dipengaruhi oleh iklim.Tipe iklim kering menyebabkan terbrntuknya benteng alam berupa gurun pasir,sep[erti gurun gobi di Mongolia selatan dan cina bagian utara, gurun taklamakan di Cina tengah.Dipinggiran gurun terdapat stepa dan sabana.
b.      Iklim
c.        Vareasi iklim yang beragam disebabkan factor-faktor wilayah yang sangat luas,bentuk topografi yang beraneka ragam, dan letak daratan asia terhadap laut dan samudra sesuai dengan kondisi fisiknya, iklim yang terdapat dibenua Asia di kelompokan sebagai berikut.
d.                       1). Iklim darat Kutub
e.                                       Iklim darat-kutub terdapat diasia Utara, khususnya Siberia.Tipe iklim ini mrmiliki cirri-ciri musim dingin yang panjang, sedangkan musim panasnya lebih singkat. Tingginya curah hujan karena adanya embusan angin pasat tenggara dari laut jepang yang banyak mendatangkan hujan.
f.                         2.Iklim Gurun tropis
g.                                        Iklim gurun Tropos banyak terdapat didaerah asia timur tenggara (asia barat)
h.                       3) Iklim mediterania
i.                                         Iklim diterania didaerah laut tengah seperti Israel, suriah,dan Iran bagian utara.Tipe iklim ini memiliki cirri-ciri hujan yang banyak turun pada musim dingin.sepanjang pantai yaman , aden,Oman,Iran bagin selatan,dan Irak, hujan banyak turun pada musim panas
j.                         4) Iklim kering
k.                                        Iklim kering terdapat di kawasan gurun-gurun arab.Sebagin dari benua Asia tidak mendapatkan ujan sepanjang tahun,seperti diwilayah Arab sahudi bagian selatan dekat perbatasan dengan oman.
l.                         5) Iklim Subtropis
m.                                      Iklim subtropics Terdapat di asia timur dan mendapat Angin muson (musim) tenggara dan samudra Fasifik.Curah hujan tertinggi terdapat di jepang bagian selatan semenanjung Korea pulau taiuan, Pulau Hainan,dan Cina bagian selatan.Wilayah Asia terdapat pengaruh agin laut dari samudra fasifik meski pengaruhnya sangat kecil sehingga curah hujan panjang.
n.       6) iklim Laut trupis
o.                       Iklim laut tropos terdapat di asia tengara.
p.       c.Flora dan Fauna.
q.       Dibagian selatan terdapat hutan yang paling lus diDunia yang menghasilkan kayu bagi Rusia.diasia tengah beriklim kering tumbuhan yang tumbuh adalah rumput-rumputan yang bergung bagi makanan ternak.Diasia timur  banyak terdapat tanaman bernilai ekonomis misalnya kayu dan buah-buahan.Di Asia  tenggara dzn Asia selatan banyak yang di jumpai hewan liar,seperti monyet,kera,berbagai jenis Burung, Komodo ,badak,dll.
r.                        Sebagai penduduk menganut aama lokal mereka,seperti kong hu cu di Cina dan shinto di jepang.Rumpun bahasa indo Eropa di gunakan di Arab dan india,rumpun bahasa altai digunakan di turki,rumpun bahasa sino di tibet dan rumpun baha melayu digunakan di asia enggara.
2.Benua afrika
s.                   Sebagian Orang menganggap benua Afrika sebagai bunua hitam.hal itu krena benua ini sukar sekali dmasuki negara atau pengaruh lain karna keadaan Alamnya yang ganas secara Astronomis terletak diantara 38° LU-35° LS dan 17°BT-51° BT
                Sesuai dengan kondis fisknya Iklim di benua Afrika di krlimpokan sbb.
Iklim tropis basah dengan suhu rata-rata tingi dan relatip tepat.Vegetasinya terdiri atas hutan hujan tropis daerah iklim tropis basah ini, meliputi wilayah sepanjang pantai barat bagian tengah, cekungan zaire,dataran tingi kenya,uganda, dan panta timur.
Iklim teropis sabana terletak di sebelah utara dan selatan daerah tropis. Hujan jatuh pada musim panas dan kering pada musim dingin.
Iklim sedang yang hangat terleta di bagian tenggara Afrika.Curah hujanya banyak turun pada musim panas yang di bawa angin pasat dari samudra hindia.
Iklim mediterania terdapat didaerah sepanjang laut tengah (marko,Aljazar,tuunisia) dan repubik Afrika selatan, sedangkan hujan jatuhan pada musum dinginda kering pada musim panas.
Iklim gurun teretak antara iklim tropis dengan iklim mediterania. Wilayahnya sebagian berada di Afrika  bagian utara dan bagian selatan.Kelembapan udara rendah dan curah hujan sedikit.Perbedaan suhu antara waktu siang dan malam sangat besar.
Benua afrika memiliki sedikit teluk,antaralain teluuk gunea di bagian barat ,teluk aden di bagian timur,dan teluk sidra di bagian utara.pulau yg ada adalah madagaskar yg di pisahkan oleh selat mozambique.
                Bentang alam afrika terdiri atas daratan tinggi(plato).pato-plato di afrika bagian selatan lebih tinggi dari pada plato-plato di afrika bagian utara maupun barat.Di afrika bagian selatan terdapat plato drakeensbreng dgn tebing yg sangat curam.di seebelah utara Kowo terdapat plato yg lebih rendah dan terpecah-pecah.Di ujung sebelah barat terdapat plato fouto djallon ,plato joss di negeria tengah pegunungan adamoua,dan pegunungan kamerun di timur paling tinggi adaah pato tassil-n-AjjEr,pegunungan ahaggar,dan pegunungan tibesti.
    Pegunungan atlas di bagian utara mempunyai hubungan besar di erasia.di sebelah selatan terdapat pegunungan Cape yg lebih rendah dengan ketinggian 1.500m terletak di sebelah timur Cape town (di Republik Afrika selatan)
   Lembah yg terkenal di benua afrika adalah lembah retek besar (great ript Valey). Lembah ini merupakan kelanjutan dri lembah jordan di timur tengah yg melalui laut merah sampai ke sungai shire,dan anak sungai zambesi di afrika selatan.
                Sepanjang retakan terdapat danau-danau terbesar dankecalyang berjajar kearah selatan.danau-danau tersebut adalah danau victoria,danau mobutu,danau tanganyika,dan danau malawi (danau nyasa).danau victoria merupakan danau terbesar di afrika dngan keliling 6500km.dan kedalaman 82m.danau tanganyika merupakan danau terdalam kedua di dunia dengan kedalaman 1340m.tidak jauh dari lembah letak besarterdapat gunung tertinggi di aprika,yaitu gunung kilimanjaro(5895m).sungai-sungai panjang dijumpai di benua aprika antara lain sunggai nil(6500km)sungai kongo(4700km).sungai niger(4300km),dan sungai oranye(1850km).Air terjun yang terkenal adalah air terjun Victoria.yg ditmukan pertama kali oleh davic Livingstonepada tahun 1885.
B.Flora dan fauna
                Didaerah yang curah hujannya cukup tinggi terdapat hutan hujan tropis.Banyak pohon tinggi dan rapat hngga menyebabkan sinar matahari tidak sepenuhnya dapat mencapay permukaan tanah.pohon hutan yang di manpaatkan di Benua afrika adalah pohon mahonay dan kayu kenari.
     Daerah yang kering makin jarang pohonnya dan hanya terdapat padang rumput dan semak berduri.di daerah yang beriklim laut tengah dengan hujan pada musim dingin tumbuh tanaman anggur yang merupakan ciri khas wilayah laut tenggah,seperti di maroko,aljazair,dan Republik Aprika selatan.di Aprika selatan terdapat padang Rumpat luasyang di sebut Veldt yang dimanpaatkan untuk padang pengembalaan sapi dan Biri-Biri.
                Fauna(binatang yang terdapat di benua Afrika merupakan binatang khas Afrika seperti gajah dan singga yang terdapat di afrika tenggah dan selatan.Didaerah terbuka yang luas di selatan shara memungkinkan kehidupan hewan khas Afrika pemakan tumbuhan,separti Antilop,Hertebeseest,jerapah,jebra,badak dan gajah.hewqn lqinnya yang banyak terdapat di Afrika adalah jeniz ular,burung,dan binatang Ampehibi.
C).penduduk
                Penduduk Afrika sebagian besar terdiri atas ras Negro yang bediam dikawasan sebelah selatan gurun sahara.Etnis Nego dapat dibedakan atas 2 kelompok yaitu negro bantu dan negro sudan.Orang negro sudan yang tinggal di Afrika bagian barat memiliki kulit hitam bibir tebal dan hidung pesek.Orang negro bantu yang tinggal di Afrika bagian timur dan selatan memiliki kulit terang dan hidungnya tidak pesek.
                Suku-suku yang ada di Afrika antara lain suku masai sebagai pengembale,suku kikuyu sebagai petani dan suku zulut sebagai peternak dan petani.Di Benua Afrika terdapat suku bangsa yang sudah makin sedikkit jumlahnya, yaitu orang pygmy,orang buchmen, dan orang potentot.Dsebelah utara gurun sahara berdiam orang-orang keturunan arab dan bangsa semit,Hamit,Dan beberapa kelompok yang lain tergolong ras kulit putih
3.Benua Eropa
                Benua Eropa merupakan benua yang negara-negara di dalamnya banyak melakukan imperalisme dan klolonialisme terhadap benua dan negara lain.
Keadaan Alam
Benua ini berbatasan dengan samudra Arketik di sebelah utara:laut tengah, laut hitam, dan laut kas  pia di sebelah selatan;benua asia disebelah timur dan samudra Atlantik disebelah barat.Benua eropa membujur dari pegunungan ural sebagai batas di asia timur kearah barat sejauh 5300km sampai ke tanjung sao picente di portugal.Letak asteronominya diantara 35°LU-71°06’LU dan 9°27’BB-66°20’BT.
                                Pegunungan yang terdapat di benua Eropa adalah pegunungan baltik dikawasan Finlandia di swedia yang relifnya beraam.Pegunungan hartz (hercenia) terdira atas plato-plato yang terdaret dari bretagne dan semenanjung liberia semenanjung pegunungan ural,pegunungan alpen,pegunungan kaukasus, pegunungan pirenea tengahpegunungan apinina, dan pegunungan pidhaus.
Banyak sungai mengalir di benua Eropa, misalnya sungai polga, sungai donau, suingai dnepr, Sungai don, sungai rehain, sungain ebro dan sungai oder.
Sungai-sungai inio dimanpaatkan untuk transportasi selain untuk iri gasi, pembangkit listrik dan objek Wisata.Begitu panjangnya dataran rendah itu hingga dijuluki sebagai daratan tidak bertepi.Secara umum, bentang alam eropa dapat di golongkan Atas 4 kelompok sbb.
Dataran rendah Eropa besar atau dataran rendah eropa Utara.Dataran rendah ini membentang sangat luas,Mulai dari prancis,Beneluks(Belgia,Netherlands atau Belanda,dan luksembureg,)jerman Bagian utara polandia,sampai di rusia.
Pegunungan tinggi dibagian selatan yang membentang dari pegunungan pyrene,dan yunani
Dataran tinggi bagian barat meliputi ddataran tinggi diskandinapia, dataran tingi di irlan dia barat laut, dataran tinggindi perancis, sepanyol dan Portugal.
Dataran tinggi sentral terletak diantara dataran rendah Eropa besar di utara dengan barisan pegunungan Alpen di selatan . Seggagai contoh adalah dataran tingi di jerman.
Pegunungan di kawasan ini menjadi hulu sungai sebagian besar sungai Eropa.Diantara kelima Benua di Dunia, hanya di benua Eropa yang tidak di jumpai iklim tropis. Halini disebabkan secara keseluruhan berada dibelahan bumi Utara di luar daerah tropis. Letak benua Eropa berada didaerah sedang sehingga di benua ini terdapat 4 musim yaitu: panas, gugur, dingin, dan Semi.
Iklim suatu tempat dipengaruhi oleh 2 faktor utama, yaitu; suhu dan curah hujan. Tipe-tipe iklim yang ada diwilayah eropa, antaralain iklim subtropics mediterania,iklim maritime sedang, iklim tundra, iklim kering sedang, dan iklim kutub (boreal). Di Eropa selatan, hujan paling banyak turun dipegunungan alpen. Di daerah pendalaman Eropa bagian utara masih tumbuh tanaman tundra, rumput, dan kapas.Dinorwegia, swedia dan pindandia hingga wilayah  Rusia terdapat tumbuhan hutan pinus dan cemara. Didaerah iklim  mediterania banyak tumbuh pohon jaitun dan cemara. Di Belanda dan beberapa Negara lain ditanami rumput marram yang digunakan untuk menahan longsor di bukit pasir. Hewan yang terdapat di benua eropa, yaitu beruang kamois (rusa berbulu halus), ibek, serigala, rusa kutub, Elk, berbagai  jenis manjangan, dan Anjing laut.
b. Penduduk
                                penduduk eropa bermukim diperkotaan.Wilayah yang terrdapat penduduknya terutama di eropa barat. Wilayajh ini9 merupakan daerah industeri utama di eropa. Rumpun bahasa terbesar Adalah Indo-jerman, Baltik- selap, german, roman, Albania, Yunani, keltm,Gaelia, dan britania.Berdasarakan cirri-ciri pisiknya(tubuh), Penduduk eropa dapat dikelomokanm atas beberapa kelomopk etnis sbb.
Nordik, seperti bangsa jerman, Noewegia,Swedia, Belanda, dan Inghris.
Dinarik, Seperti bangsa Romania.
Alpen, Seperti bangsa Peranciss dan swiss.
Medi terania seperti Bangsa Portugal sepanyol dan italia,
Selapia,maencakup bangsa-banga yang mendiami eropa timur seperti bangsa polandia, rusia, bulragia, ceko, slopakia, dan yugoslapia I(bosnia,slopenia, Macedonia, proasia, Serbia, Montenegro)
Perkembangan bangsa Eropa sejalan dgn perkembangan agama keristen.hal ini dapat diketahu bahwa pusat agama Katolik, yany dipakai oleh paus ada di Vitikan yang terletak di Eropa.Konstantinopel (kini istumbul) merupakan kelahiran Agama Katolik orthodox timur juga terletak di Eropa. Sekarang ini mayoritas Penduduk Eropa beragama keristen dan 50% memeluk Agama katholik roma. Agma lainya Islam, dan Yahudi, serta agama yang dianut oleh minoritas bangsa Eropa.
c.Perekonomian
                hasil pertanian yang ada berupa kentang, gandum, barley, dan terigu yang menduduk peringkat atas didunia.Hasil pertanian lainya adalah buncis serat rami, kacangf polong, dan tembakau. Buahan dan sayuran juga dihasilkan oleh sebagian besar wi;layah Eropa. Hasil perikanan yang paling produktip adalah dilaut utara, samudra atlantik, laut Norwegia, dan teluk biscaye. Hasil dari hutan lainya adalah dammar terpenting. Pertambahan Eropa sangat maju Eropa merupakan penghasilan batu bara dan biji besi terbesar didunia. Negara-negara yang kaya batu bara adalah Ceko, Slovikia, Jerman, Inggris, Polandia, dan Rusia. Negara penghasilan biji besi adalah Perancis Rusia, dan Swedia. Pertambangan lainya adalah tembaga, magan nikel, krom, timah, merpuri, perek, platina, seng, dan minyak bumi,yang terutama di hasilkan oleh inggris dan merupakan  tambang terbesar di Eropa.
                Munculnya repolusi



Tidak ada komentar:

Posting Komentar